PENGARUH KUALITAS DAN PELAYANAN PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR KECAMATAN PASSI TIMUR KECAMATAN BOLAANG MONGONDOW

Penulis

  • Renaldi Putra Mokoginta Universitas Dumoga Kotamobagu Penulis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dan pelayanan pegawai terhadap kepuasan masyarakat pada Kantor Kecamatan Passi Timur Kecamatan Bolaang Mongondow. Metode penelitian yang dilakukan Teknik eksplorasi adalah suatu tindakan logis yang dilakukan secara bertahap, dimulai dengan menentukan suatu pokok bahasan, mengumpulkan informasi, dan melakukan pemeriksaan informasi secara menyeluruh dengan tujuan memperoleh pemahaman terhadap suatu persoalan atau pokok bahasan tertentu. Penelitian ini dilakukan dalam rentang waktu dua bulan, dimulai dari Februari hingga April 2023. Penelitian ini mengambil lokasi di Desa Insil Baru dan Kantor Kecamatan Passi Timur, yang terletak di Kecamatan Bolaang Mongondow. Dalam penelitian ini pencipta menggunakan tiga faktor yaitu Kualitas (X1), Administrasi (X2) dan Pemenuhan (Y), 3 faktor X 10 = 30, jadi contoh dalam penelitian ini adalah 30 orang. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu 1) Kualitas dan pelayanan berpengaruh secara bersama-sama terhadap tingkat kepuasan masyarakat di Kantor Kecamatan Passi Timur Kabupaten Bolaang Mongondow. 2) Kualitas memiliki dampak signifikan terhadap tingkat kepuasan masyarakat di Kantor Kecamatan Passi Timur Kabupaten Bolaang Mongondow. 3) Pelayanan juga memiliki dampak signifikan terhadap tingkat kepuasan masyarakat di Kantor Kecamatan Passi Timur Kabupaten Bolaang Mongondow

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-17

Cara Mengutip

PENGARUH KUALITAS DAN PELAYANAN PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR KECAMATAN PASSI TIMUR KECAMATAN BOLAANG MONGONDOW. (2025). JURNAL EKONOMI MANAJEMEN DAN BISNIS, 1(01), 1-10. https://jurnal.udk1.ac.id/index.php/emanis/article/view/1