PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATINGTERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE
Abstrak
Perkembangan teknologi saat ini mengubah kebiasaan masyarakat dalam melakukan aktivitas jual
beli. Masyarakat banyak melakukan aktivitas jual beli secara online melalui marketplace. Shopee adalah
marketplace yang banyak diminati oleh masyarakat. Proses berbelanja online didukung oleh fitur yang
disediakan oleh pihak marketplace, yaitu online customer review dan online customer rating. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap keputusan
pembelian pada marketplace shopee. Penelitian dilakukan menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan
jenis asosiatif. Sampel yang digunakan adalah 50 responden dengan metode purposive sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah uji instrumen (uji validitas
dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis (uji t dan uji F) dengan
menggunakan program aplikasi SPSS versi 29. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa online customer review
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dimana nilai t hitung > t tabel (13,320 > 1,67866) dan
nilai sig 0,001 < 0,05. Online customer rating berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dimana
nilai t hitung > t tabel (5,940 > 1,67866) dan nilai sig 0,001 < 0,05. Online customer review dan online
customer rating berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dimana nilai F hitung > F tabel
(147,896 > 3,20) dengan nilai sig (0,001 < 0,05).