PENGARUH PROMOSI DAN HARGA KAMAR TERHADAP TINGKAT HUNIAN KAMAR PADA HOTEL ASTON GORONTALO

Penulis

  • Nina Tania J. Mokoginta Universitas Dumoga Kotamobau Penulis
  • Jumie S.L Mokoginta Penulis
  • Iwan Himawan Manopo Universitas Dumoga Kotamobagu Penulis

Kata Kunci:

beban kerja, lingkungan kerja fisik, produktivitas kerja

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh promosi dan harga kamar baik secara parsial maupun simultan terhadap tingkat hunian kamar pada Hotel Aston Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survei dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebagai responden berdasarkan pertimbangan tertentu (purposive sampling) yang berjumlah 50 orang. Teknik statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif berupa distribusi frekuensi, sedangkan untuk pengujian hipotesis digunakan statistik inferensial yakni regresi ganda, korelasi ganda dan korelasi sederhana koefisien korelasi product moment dari Pearson pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian yaitu: (1) Promosi dan harga kamar secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif terhadap tingkat hunian kamar pada Hotel Aston Gorontalo, diterima dalam penelitian ini pada taraf signifikansi 5%; (2) Promosi berpengaruh positif terhadap tingkat hunian kamar pada Hotel Aston Gorontalo, diterima pada taraf signifikansi 5%; dan (3) harga kamar berpengaruh positif terhadap tingkat hunian kamar pada Hotel Aston Gorontalo diterima pada taraf signifikansi 5%.Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat hunian kamar pada Hotel Aston Gorontalo perlu dioptimalkan lagi, dengan perhatian khusus diberikan pada promosi. Untuk itu disarankan agar perlu diupayakan peningkatan yang lebih baik lagi atas variabel-variabel promosi dan harga kamar serta tingkat hunian kamar. 

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-19

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

PENGARUH PROMOSI DAN HARGA KAMAR TERHADAP TINGKAT HUNIAN KAMAR PADA HOTEL ASTON GORONTALO. (2024). JURNAL EKONOMI MANAJEMEN DAN BISNIS, 2(01), 46-57. https://jurnal.udk1.ac.id/index.php/emanis/article/view/18