EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR UPTD PPD KOTAMOBAGU BOLSEL BADAN PENDAPATAN DAERAH PROVINSI SULAWESI UTARA
Kata Kunci:
Efektivitas, Pelayanan Publik, Pendapatan DaerahAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelayanan publik pada Kantor UPTD PPD Kotamobagu Bolsel Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan pendekatan kualitatif yang menggambarkan, menjelaskan, atau menjelaskan suatu masalah yang ada dengan memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan sehubungan dengan teori yang terkait dengan masalah tersebut. Penelitian ini telah dilakukan di Kantor UPTD PPD Kotamobagu Bolsel Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara di jalan Paloko Kinalang Kota Kotamobagu sejak bulan agustus sampai bulan oktober 2022. hasil penelitian pada variabel efektivitas bahwa indikator tujuan, strategi dan analisa menunjukan angka yang sama yaitu 96%, artinya sangat baik pada 3 (tiga) indikator tersebut. Sedangkan pada indikator perencanaan dan penyusunan sudah sangat baik. Pada variabel pelayanan indikator kehandalan dan empati menunjukan angka 88% dengan nilai baik sedangkan indikator ketanggapan dan jaminan menunjukan angka 100% yang artinya sudah sangat baik. variabel efektifitas dengan indikator tujuan, strategi, analisa, penyusunan dan perencanaan, rata-rata responden menjawab sudah sangat baik dan sesuai dengan harapan, walaupun masih ada beberapa keluhan yang dapat segera diperbaiki, adapun pada variabel pelayanan dengan indikator tangible (wujud pelayanan), reliability (kehandalan), responsivess (ketanggapan), assurance (jaminan), dan emphaty (empati) terdapat dua hal yang dikeluhkan oleh wajib pajak yakni tentang wujud pelayanan dan empati petugas namun secara keseluruhan kualitas pelayanan di Kantor UPTD PPD Kotamobagu Bolsel Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara sudah sangat baik