PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) MAWAR SARI, TK KUNTUM MEKAR, DAN TK PKK KECAMATAN KOTAMOBAGU UTARA

Penulis

  • Fetty Makalungsenge Universitas Dumoga Kotamobau Penulis
  • Muharto Universitas Dumoga Kotamobagu Penulis
  • Mutiarasari Universitas Dumoga Kotamobagu Penulis

Abstrak

Kepala sekolah sebagai pimpinan tertinggi sangat berpengaruh dan  menentukan kemajuan sekolah, sehingga harus memiliki kemampuan administrasi, memiliki komitmen tinggi, dan luwes dalam melaksanakan tugasnya. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, Penelitian ini terdiri atas dua variabel, yaitu Kepemimpinan Kepala Sekolah TK sebagai variabel independen dan diberi symbol (Y), dan Kinerja Mengajar Guru sebagai variabel dependen dan diberi symbol (Y). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru TK Mawar Sari, TK Kuntum Mekar, TK PKK Kecamatan Kotamobagu Utara yang berjumlah 40 orang.Hasil ini menggambarkan bahwa fungsi dari kepala sekolah yang meliputi kepala sekolah sebagai educator, manager, administrator, supervisor, leader, dan innovator dijalankan dengan baik. Terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru program bisnis dan manajemen di TK Mawar Sari, TK Kuntum Mekar, TK PKK Kecamatan Kotamobagu Utara sebesar 25,10

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-28

Cara Mengutip

PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) MAWAR SARI, TK KUNTUM MEKAR, DAN TK PKK KECAMATAN KOTAMOBAGU UTARA. (2025). JURNAL EKONOMI MANAJEMEN DAN BISNIS, 3(01), 42-52. https://jurnal.udk1.ac.id/index.php/emanis/article/view/34