PENGARUH BRAND IMAGE DAN QUALITY SERVICE TERHADAP KEPUASAN MEMBERSHIP DI TIRTA KENCANA FITNESS KOTAMOBAGU
Abstrak
Industri kebugaran dan pusat kebugaran di Indonesia saat ini tengah berkembang pesat, termasuk di kota Kotamobagu, provinsi Sulawesi Utara. Fenomena menurunnya membership dalam menghadapi persaingan yang lebih ketat di antara pusat kebugaran lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Brand Image dan Quality Service Terhadap Kepuasan Membership. Metode Penelitian ini berbasis deduktif dan kuantitatif. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, 55 responden baik yang aktif maupun bukan member. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrument (uji validitas dan reliabilitas), uji Asumsi klasik, analisi regresi berganda, dan uji hipotesis (uji t, uji f, dan koefisien determinasi) dengan di bantu software SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Brand Image berpengaruh mengingat nilai t-hitung dependen (4,655 > 2,006) lebih besar dari t-tabel dan nilai (sign) 0,00 < 0,5 dan Quality Service dengan nilai dependen (4,392 > 2,006, nilai (Sign) 0,00 < 0,5) lebih besar dari pada nilai t-tabel, Brand Image Dan Quality Service berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan membership nilai F hitung > F tabel, yaitu 17,234 > 3,175 dengan (Sign) 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil pengolahan data uji F di atas, dapat dikatakan bahwa Kepuasan Membership (Y) dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh Brand Image (X1) dan Quality Service (X2), baik secara terpisah maupun secara bersama-sama.